Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Rahasia Ngeblog untuk Blogger Pemula

Tips Rahasia Ngeblog untuk Blogger Pemula

Tips Rahasia Ngeblog untuk Blogger Pemula – Hallo semua. Ketemu lagi bareng Pangeran. Ow, ya. Kali ini Pangeran gak akan membahas Harian Wortel dulu, tapi Pangeran mau bagi-bagi tips seputar dunia blogging.  

Ya, mungkin ada di antara pembaca tulisanwortel ini pengen ngeblog, tapi masih bingung harus ngapain dulu. Kali ini kalian gak usah khawatir, Pangeran akan membagikan 9 Tips Dasar Ngeblog untuk Blogger Pemula yang harus kalian pahami sebelum kalian benar-benar memilih menjadi seorang Blogger.  

pertanyaan terakhir agak curhat. Sebenarnya ketika ditanya pertanyaan seperti di atas, Pangeran sendiri bingung harus jelasinnya dari mana. Kalo dijelaskan semuanya, mungkin butuh banyak waktu untuk Pangeran menjelaskan semuanya.

Jadi, kali ini Pangeran akan membagikan 9 Tips Dasar Ngeblog untuk Blogger Pemula. Berikut poin-poinnya : Tentukan tujuan dan nama blog

  • Tentukan tema
  • Pilih Platform
  • Mulailah menulis
  • Bagikan ke social media
  • Blogwalking
  • Motivasi dan ispirasi
  • Desain dan SEO
  • Jangan pikirkan uang

Mari kita bahas satu per satu.

1. Tentukan tujuan dan nama blog

Sebarapa penting, sih, tujuang ngeblog itu? Penting banget. Kenapa? Karena ketika kalian ngeblog tanpa tujuan, besar kemungkinan usia ngeblog kalian tidak akan bertahan lama. Belum lagi harus bertemu banyak hal-hal baru yang sejatinya akan menguras tenaga, waktu dan tentunya pikiran kalian.

Setelah menemukan tujuan ngeblog untuk apa? Tentukan nama blog kalian. Saran Pangeran, jangan menggunakan nama yang sulit diucapkan, sulit dibaca dan sulit diingat. Buat nama sesingkat dan sesederhana mungkin. Hal itu akan membantu memudahkan pembaca mengingat nama blog kalian.  

2. Tentukan tema

Tentukan tema blog kalian akan membahas apa? Usahakan temanya yang memang kalian kuasai (paham). Jangan terlalu memaksakan untuk tema-tema yang memang bukan hal yang kalian senangi, karena kedepan kalian akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan ide dari tema itu sendiri.

3. Pilih platform (layanan) untuk ngeblog

Memilih platform sama halnya ketika kalian memilih provider jaringan. Ada banyak paltform tersedia di internet yang dapat kalian gunakan secara gratis, seperti : Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com dan lain-lainnya. Tapi, untuk kalian yang benar-benar masih pemula, saran Pangeran kalian dapat memilih Blogger.com karena fitur yang mudah digunakan dan diaplikasikan akan membuat kalian gampang membuat blog kalian terlihat menarik.

4. Mulailah menulis

Untuk memulai menulis sebuah artikel di blog kalian, jangan terlalu takut dengan akan seperti apa tanggapan pembaca kalian terhadap blog kalian nanti. Jangan pikirkan bagian itu terlebih dahulu. Fokuskan saja membahas apa yang kalian pahami dari tema yang akan kalian bahas. Nanti, seiring berjalannya waktu, Pangeran yakin cara menulis kalian akan terus dan terus berkembang dan sampai ke titik di mana tulisan kalian akan selalu enak untuk dibaca.  

5. Bagikan ke Social Media

Membagikan ke Social Media (Facebook, Twitter, Google+ dll) adalah cara promosi tercepat untuk memperkenalkan blog kalian. Untuk mendapatkan saran dan kritik mengenai blog kalian. Harapannya, ketika kalian sudah membagikan ke Social Media, kalian juga harus siap dengan konsekuensi untuk diberikan saran dan kritik. Ambil sisi positifnya supaya semangat ngeblog kalian semakin bagus.

6. Blogwalking (Berkunjung di blog lain dan meninggalkan komentar)

Istilah Blogwalking (BW) memang sudah menjadi bagian paling penting yang sering dilakukan oleh semua blogger. Entah itu pemula atau sudah master sekalipun. Blogwalking ini punya manfaat yang luar biasa terhadap perkembangan blog kalian.Dengan kalian berkunjung ke blog lain, tentunya kalian akan mendapatkan banyak hal, seperti : teman blogger baru, inspirasi untuk menulis selanjutnya, menjadi termotivasi untuk menjadi blogger konsisten dan banyak hal luar biasa lainnya. Intinya, blogwalking ini sangat bagus untuk dilakukan jika kalian masih baru memulai ngeblog dan ingat, ketika melakukan blogwalking, jangan lupa untuk memberikan komentar kalian terhadap tulisan blog yang kalian kunjungi.

7. Motivasi dan Inspirasi

Memiliki motivasi yang kuat dan didukung dengan Blogger yang bisa menginspirasi kalian, tentunya hal ini juga perlu kalian lakukan. Kenapa? Karena, menjadi blogger itu terkadang kalian akan mengalami semangat yang turun, ide yang tidak berkembang dan hal-hal lainnya yang akan menghalangi karir kalian menjadi blogger sejati.  

Makanya, dengan kalian memiliki motivasi dan orang yang mengispirasi kalian, dalam keadaan apapun, kalian bersama diri kalian sendiri akan berusaha untuk melakukan yang terbaik.  

Cuman, ketika kalian masih saja mengalami penurunan kualitas blogging kalian, coba kembali ke Tips yang pertama. Inget!!! Tujuan ngeblog dulu mau apa? Mudah-mudahan kalian bisa semangat kembali.  

8. Desain dan SEO 

Saat pertama membuat blog dulu, Pangeran tidak terlalu fokus membuat desain yang sebagus mungkin. Tapi, yang Pangeran utamakan adalah kerapian dari blog itu sendiri. Sejatinya, pembaca tidak terlalu membutuhkan seberapa bagus desain blog kalian. Tapi, seberapa berkualitas content/artikel yang kalian buat.  



 


SEO (Search Engine Optimization) adalah cara sebuah mesin pencarian menampilkan content yang paling baik dalam sebuah kata kunci. Jadi, intinya gini, SEO itu sebuah teknik untuk menampikan artikel kalian menjadi yang terbaik di halaman pertama. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca di bawah ini.  


Tips Terkait


Apa itu SEO? – Pengertian dan Cara Menggunakannya [/H2]


Banyak sekali (khususnya blogger pemula) tidak benar-benar memahami Konsep Dasar SEO dengan baik. Itulah kenapa Pangeran coba untuk membagikan pemahaman tentang SEO dengan versi yang ringan dan santai. Karena, anggapan yang salah selalu berangkat dari banyaknya penjelasannya yang terlalu rumit untuk dipahami.


BACA >


 


Tapi, justru menurut Pangeran banyak yang salah pengertian di sini. Jujur, saat memulai ngeblog di tulisan wortel, Pangeran tidak pernah memikirkan SEO. Kenapa? Karena yang terpenting adalah membuat content yang bagus. Kita membuat artikel bukan untuk robot yang ada di Google ataupun Yahoo, tapi kita menulis untuk Human (manusia). Jadi, buat kalian yang baru memulai, gunakan saja teknik dasar SEO seperti submit URL kalian di Google. Itu saja sudah cukup. Inget. Content adalah No 1.  



[H3] 9. Jangan pikirkan uang [/H3]


[H4] Kenapa jangan Pangeran? [/H4]


 


Bukan tidak boleh. Silakan saja memikirkan uang. Tapi, untuk membuat blog kalian bisa menghasilkan uang, itu bukan perkara mudah. Percalah! Nyari uang itu susah, guys, Butuh proses yang masih sangat panjang. Bedasarkan pengalaman dan pengamatan Pangeran, blogger yang diawal terlalu fokus mendapatkan uang dari blog, mereka akan hilang ditelan waktu. Emang mau, baru ngeblog 1 bulan terus putus asa gak mau ngeblog karena gak bisa menghasilkan?


 


 


Nah, untuk mendapatkan uang, kalian jelas akan butuh waktu, tenaga, dan semua hal yang tentunya tidak bisa dihasilkan secara instan. Ingat, blog itu bukan Mie Instan. Blog itu seperti pohon yang memiliki buah. Untuk menghasilkan, kalian harus merawatkan dengan hati yang tulus, yakin, optimis dan konsisten.  


Jangan lewatkan Tips Blogging lainnya : 

- 16 Cara Mengatasi Malas dan Bosan Saat Menulis Konten / Artikel di Blog

- 11 Cara Menjadi Blogger Konsisten + Ebook Gratis


 



[H3] Kesimpulan [/H3]


 


Menjadi seorang blogger memang bukan pekerjaan yang sulit. Tapi, kalian juga harus tau, untuk menjadi blogger yang berhasil, kalian harus memahami semua bagian dari proses yang kalian akan hadapi. Mulailah dengan tujuan yang benar, supaya kalian tetap bisa bertahan dan membuktikan bahwa kalian suatu saat nanti bisa menjadi blogger yang sukses.  


Yang jelas, fokus pertama ketika memulai ngeblog adalah terus belajar bagaimana membuat content yang menarik dan membuat pembaca merasakan manfaat dari apa yang kalian tulis. Teruslah berkarya, temukan gaya kalian sendiri. Jadilah yang terbaik.  

Post a Comment for "Tips Rahasia Ngeblog untuk Blogger Pemula"