Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik


Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik. Akhir-akhir ini, warga pasti sudah dekat dengan tulisan atau pembahasan yang bersebaran di beberapa media atau sosial media. Bahkan juga tulisan yang kebenarannya tidak sesuai dengan bukti juga banyak yang tertarik membaca dan turut menebarkannya.

Tulisan-tulisan itu kemungkinan dapat disebutkan dengan artikel. Artikel sendiri ialah cerita pendek, sekitar di antara 300 sampai 1.000 kata, yang mengulas topik tertentu yang diperuntukkan untuk sampaikan pemikiran pada sebuah realita, baik berbentuk bukti, ide atau opini tertentu.

Untuk beberapa orang membuat artikel itu gampang. Dia tinggal tuangkan apa isi kepalanya dalam sebuah tulisan dan jadilah artikel. Tetapi, tidak dapat disangkal beberapa yang lain berasa susah menulis artikel. Adapun dapat, tetapi tidak menarik, berbelit-belit dan tidak kaya info.

Nach,menurut Anda mengapa sebuah artikel hoax itu selalu menarik? Walau informasi berbohong kenapa orang beramai-ramai membacanya dan membagikan? Argumennya ialah karena pembikin hoax tahu apakah yang sedang disukai warga, apa yang dibicarakan dan dibenci.

Contoh: Warga sedang repot dengan kabut asap, karena itu ada artikel hoax datangkan hujan bikinan dengan menjemur air garam.

Nach, bila Anda ingin membuat artikel yang memikat, tulislah suatu hal yang kurang lebih akan berguna untuk warga, atau mengenai peristiwa yang dibahas warga

Cara Menulis Artikel

Untuk pemula, sebaiknya baca dahulu beberapa langkah menulis artikel yang kemungkinan dapat menolong Anda di bawah ini.

1. Tetapkan Topik

Topik tulisan Anda harus detil. Makin detil makin memikat ketertarikan baca.
Tentukan Arah penulisan. Umumnya artikel, apa lagi dalam artikel tipe deskripsi dan cerita, tidak mengatakan arah penulisan secara tertulis, tetapi tersurat.

2. Definisikan gagasan dasar atau permasalahan

Nach, ini dapat memakai
outline
atau kerangka gagasan dasar per paragrafnya . Maka misalkan Anda ingin menjelaskan permasalahan di paragraf pertama, contoh permasalahan di paragraf ke-2 , pemicu di paragraf ke-3 , imbas di paragraf empat dan jalan keluar di paragraf lima.

3. Bikinlah Ringkasan

Ringkasan membuatnya gampang. Anda dapat membuat secara baik jika nalar atau jalur artikel anda betul.

Hal yang penting jadi perhatian dalam penulisan artikel ialah:

1. Elemen 5W+1H

- What: Apa masalahnya

- Where : Di mana tempatnya

- When : Kapan

- Who : Siapakah yang menceritakan, atau bercerita mengenai siapa

- Why : Mengapa masalah terjadi

- How : Bagaimana masalah itu dapat terjadi, atau bagaimana masalah itu dituntaskan.

2. Sama sesuai Bukti

Artikel memang terdiri dari 2 yaitu Fiksi dan Nonfiksi. Dalam artikel yang bukan fiksi Anda pasti harus membuat yang sama sesuai bukti. Bagaimanakah cara ketahui itu bukti ataulah bukan, silahkan kerjakan check dan ricek dari beragam sumber sampai dapatkah artikel yang cover both side.

Nach keutamaan menyampaikan hal sama sesuai bukti ialah karena sekarang ini undang-undang kita ketat sekali mengenai UU ITE yang hendak memenjarakan orang yang menulis informasi berbohong atau hoax.

3. Tidak boleh Menyentuh Individual atau Barisan

Semuanya orang bebas menulis, menulis apa yang dia kehendaki. Tetapi tulislah yang berguna, tidak cuma buah berpikir yang didalamnya menyudutkan seorang atau barisan tertentu. Selainnya akan mengakibatkan perseteruan, Anda pun mempunyai potensi menyalahi hukum dan bertemu dengan faksi berwajib.

Tipe Artikel

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi ialah cerita yang mempunyai tujuan untuk menulis deskripsi satu bukti hingga pembaca bisa memikirkannya dalam pikiran. Saya lebih sukai menyebutnya sebagai artikel gambar. Karena 100 % artikel ini berisikan deskripsi kondisi, peristiwa, kejadian.

Contoh artikel deskripsi:

Panduan Pilih Ikan Fresh

Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi. Dari anak-anak sampai dewasa benar-benar dianjurkan untuk menambah ikan pada menu makanan.

Namun, kandungan nutrisi ini bisa saja tidak bisa didapat bila kita salah pilih ikan.

Ikan yang bagus bisa dikenal dari beberapa cirinya. Mata ikan fresh akan kelihatan bening, cembung atau mencolok. Bila ikan masih fresh, matanya akan seperti terlihat saat ikan tersebut hidup.

Insang ikan fresh warna merah tua dan jelas. Bila kita membaui sisi insang ini, maka bau amis fresh seperti ikan fresh. Bila ikan itu tidak fresh maka benar-benar bau busuk saat di cium.

Ciri-ciri lain ikan fresh ialah saat kita tekan dagingnya maka berasa keras, Berlainan dengan ikan busuk yang hendak benar-benar lunak dan gampang remuk. Memerhatikan keadaan ikan memiliki arti memerhatikan konsumsi nutrisi yang hendak dimakan.

2. Artikel Cerita

Artikel tipe ini diperuntukkan untuk bercerita satu kondisi atau keadaan, baik berdasar posisi waktu atau posisi peristiwa.

Artikel cerita dapat seperti narasi (novel, cerpen, komik, dongeng, film, sinetron, dll), dalam artikel cerita harus ada penokohan, seperti pada narasi secara umum. Si figur dilukiskan sebagai figur yang bergelut dengan permasalahan dan memiliki konflik dengan kehidupan. Dan dia usaha memenangi pertarungan itu. Ada perselisihan kehidupan membuat tulisan tipe ini memancing ketertarikan baca. Karena jika tidak ada perselisihan, karena itu sebuah cerita bisa menjadi cemplang.

Contoh Artikel Cerita

Saat sudah tiba musim penghujan, penting untuk kita selalu untuk jaga kebersihan lingkungan supaya nyamuk pemicu demam berdarah tidak berkembang biak. Langkah jaga lingkungan supaya masih tetap bersih ialah mengawali dari di rumah. Tutup semua gentong penyimpanan air dan menguras kubangan yang ada di dalam rumah kita check semua ruang rumah yang mempunyai potensi sebagai tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

Lalu di ruang gelap dan lembab yang lain. karena itu maka dari itu penting untuk kita agar bisa bersihkan kubangan air dalam bak mandi, kubangan air sisa membersihkan piring, dan air dalam akuarium bila mempunyai akuarium hias di dalam rumah. Disamping itu makanan sisa mempunyai potensi mengundang perhatian nyamuk.

Dengan simpel itu diharap bisa menolong dalam kurangi komunitas nyamuk yang demikian cepat ketika musim penghujan dan kurangi resiko terkena penyakit demam berdarah karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Disamping itu, rumah yang rapi dan bersih menambahkan kenyamanan beberapa penghuninya.

3. Artikel Eksposisi

Artikel tipe ini sebagai cerita yang mempunyai tujuan untuk merinci satu topik. Bisa berbentuk rincian mengenai pengertian, peranan, sisi dan manfaat satu ide. Dapat berbentuk cara, langkah atau proses kerjakan suatu hal.sebuah hal.

Keunikan artikel ini ialah memperlihatkan beberapa poin, urut-urutan angka, step by step cara, menyejajarkan pengertian, dan lain-lain. Kadang ada elemen penilaian individu dalam artikel tipe ini, kadang tidak.

Contoh Artikel Eksposisi ialah artikel ini, atau contoh yang lain

Kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah sebagai satu diantara faktor-faktor penting dalam usaha membuat situasi nyaman untuk semua masyarakat sekolah dan lingkungan sekelilingnya. Tiap sekolah pasti selalu berusaha merealisasikan lingkungan yang bersih dengan mengajari pelajar-siswi supaya jaga kebersihan.

Untuk memancing ketertarikan masyarakat sekolah, khususnya beberapa pelajar, karena itu kerap kali dilaksanakan lomba kebersihan kelas dan kebun sekolah dengan teratur dan terus-menerus. Cara-cara dan usaha yang dapat dilaksanakan untuk jaga kebersihan lingkungan di sekolah, diantaranya: buang sampah pada tempatnya, hapus papan catat, sapu ruangan kelas, dan menjaga kebun sekolah supaya kelihatan asri.

Dalam usaha pengokohan praktek keterdisiplinan dan tanggung-jawab pelajar dalam jaga lingkungan sekolahnya, umumnya setiap kelas sudah dilaksanakan pembagian piket setiap hari yang bekerja jaga kebersihan secara bergiliran. Petugas piket umumnya lakukan pekerjaan untuk sapu ruangan kelas, hapus papan catat, bersihkan jendela dan menyiapkan alat catat guru.

Pada hari Jumat atau Sabtu, sekolah umumnya mempunyai program untuk lakukan aktivitas beres-beres secara massal dan lengkap. Semua anggota kelas dan masyarakat sekolah yang lain lakukan kerja-bakti bersihkan lingkungan sekolah sesudah pelajaran pertama usai. Selainnya tingkatkan kualitas kebersihan sekolah, salah satunya faedah yang dapat diambil dari program teratur ini ialah membuat jalinan di antara siswa dan siswa atau guru dan siswa makin dekat.

Kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah jadi hal yang tidak dipisahkan dari kehidupan sekolah. Ini jadi aspek khusus untuk capai proses belajar mengajarkan yang menyenangkan dan nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah jamin kebersihan seorang dan kesehatannya. Hingga kebersihan sebagai usaha manusia supaya lingkungan masih tetap sehat terurus secara terus-terusan dan berkaitan.

4. Artikel Persuasi

Artikel tipe ini populer dengan arikel motivasi. Karena penulisannya memiliki sifat merayu alias persuasif. Dampaknya bisa gerakkan pembaca untuk lakukan atau ikuti suatu hal dan kebalikannya tinggalkan suatu hal.sebuah hal.

Artikel ini umumnya sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil peraturan dan siapa yang ingin membawa publik untuk ingin, ikhlas, semangat, semangat mengaminkan dan tidak menampik apa yang mereka pasarkan.

Contoh artikel persuasi

Silahkan Memahat Prestasi Sedini Kemungkinan

Tidak ada kata ‘terlalu dini' dalam soal memahat prestasi. Pernyataan itu kelihatannya benar-benar pas dengan perolehan yang didapat Wei Yi, yaitu grand master paling muda ke-4 di dunia. Wei Yi memperoleh gelar grand master-nya pada umur 13 tahun 8 bulan selesai raih etika grand master ke-3 nya dii Kompetisi Catur Reykjavik Open 2013, sesudah memperoleh dua etika grand master awalnya pada persaingan World Junior Championship dan Indonesia Open di tahun 2012.

Indonesia mempunyai grand master muda, yaitu Medina Warda Aulia. Gadis kelahiran Jakarta tahun 1997 ini memperoleh gelar grand masternya pada umur 16 tahun dua bulan. Medina sebagai pemilik rekor muri dan dunia sebagai pecatur yang sanggup menaklukkan 650 pecatur lain pada persaingan Indosat Grand Master Chess Match. Atas prestasinya di bagian catur, Medina mendapat penghargaan Stya Lancana Wira Kreasi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2008 kemarin.

Belum juga cerita bocah asal dari Amerika, Tanishq Abraham, yang mendapat tiga gelar sarjana di umurnya yang ke sebelas tahun. Tanishq mendapat tiga gelar sarjana, yaitu sarjana di bagian matematika, sains, dan bahasa asing dari American River College di Sacramento, Amerika Serikat. Awalnya dia sudah menarik perhatian khalayak karena sukses lulus sekolah menengah atas pada umur sepuluh tahun.

Di Indonesia sendiri, terdaftar sarjana kedokteran paling muda, yaitu Rafidah Helmi, mahasiswi alumnus Unissula Semarang. Rafidah Helmi mendapat gelar sarjana kedokterannya pada umur 17 tahun pada 2016 kemarin. Rafidah masuk sekolah dasar pada umur 4 tahun dan sepanjang tempuh pengajaran SD, SMP, dan SMA, Rafidah selalu jalani program akselerasi hingga dia sudah tercatat sebagai mahasiswa di umurnya yang ke-14. Untuknya tidak ada sesuatu hal khusus untuk memperoleh prestasinya saat ini, dia menjelaskan bila yang paling penting ialah tentukan arah dari sejak awalnya dan sungguh-sungguh di dalam meraih arah itu.

Contoh-contoh pemuda pemuda berprestasi di atas minimal menunjukkan bila tidak ada kata terlampau awal atau terlampau cepat dalam memahat prestasi. Prestasi tidak selalu harus sama sesuai diawali langsung dari suatu hal yang besar, memahat prestasi bisa diawali dari sekadar memperdalam hoby dengan serius. BIla menyenangi akademis, karena itu berprestasilah di bagian akademis.

Jika memanglah tidak mencolok di bagian akademis, tetapi pakar di bagian olahraga, karena itu tekunilah. Tidak ada sesuatu hal yang lebih menentramkan dibanding berprestasi di bagian yang kita gemari. Ditambah lagi untuk pelajar pelajar sekolah menengah atas, prestasi di luar nilai sekolah sebagai point plus tersediri di saat penyeleksian akseptasi mahasiswa baru melalu lajur SNMPTN.

Maka dari itu, silahkan kita berlomba dalam memahat prestasi sejak mulai awal. Perlihatkan bila bangsa ini mempunyai masa datang yang ceria melalui pemuda pemudinya yang berprestasi!

Begitu pembahasan berkenaan langkah membuat artikel, beberapa jenisnya sampai misalnya. Mudah-mudahan berguna

Post a Comment for "Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik"