kesehatan mental menurut psikologi

kesehatan mental menurut psikologi


KemungkinanKemungkinan anda pernah dengar kata Kesehatan Psikis? Di sini mengulas dengan detail mengenai pemahaman, pemahaman menurut beberapa pakar, ciri-ciri, masalah dan tanda-tanda. Baca Keterangan berikut secara cermat, janganlah sampai ketinggal.

Pemahaman Kesehatan Psikis

Pemahaman Kesehatan Psikis Menurut Beberapa Pakar

Berikut ialah beberapa pemahaman kesehatan psikis menurut beberapa pakar yakni:

1. Menurut Dr. Jalaluddin dalam bukunya "Psikologi Agama"

Jika: "Kesehatan psikis sebagai satu keadaan batin yang selalu ada pada kondisi tenang, aman dan tenteram, dan usaha untuk mendapati ketenangan batin bisa dilaksanakan diantaranya lewat rekonsilasi diri secara resignasi (penyerahan diri seutuhnya ke Tuhan)".

2. Menurut memahami pengetahuan kedokteran

Kesehatan psikis sebagai satu keadaan yang memungkinkannya perubahan fisik, cendekiawan dan emosional yang maksimal dari seorang dan perubahan itu jalan sesuai dengan kondisi pribadi itu.

Beberapa ciri Kesehatan Psikis

Berikut ialah beberapa tanda kesehatan psikis yakni:

  • Mempunyai sikap batin (Attitude) yang positif pada dirinya.
  • Manifestasi diri (keperluannaluriah pada manusia untuk lakukan yang terbaik dari yang ia dapat.)
  • Sanggup melangsungkan integratif dengan beberapa fungsi mental yang ada
  • Sanggup berotonom pada diri kita (Mandiri)
  • Mempunyai pemahaman yang objektif pada realita yang ada
  • Sanggup menselaraskan situasi keadaan dengan diri kita. (Jahoda, 1980).
  • Mempunyai pemahaman yang tepat pada realitas,terhitung menyaksikan realitas seperti ada.
  • Tidak menyangakal beberapa hal jelek yang terjadi di periode lalunya dan saat ini.
  • Mempunyai kepenguasaan pada keadaan, terhitung memiliki kendalikan diri dalam menyayangi seseorang, dalam tugas terhitung dalam berteman sama orang lain.


Ciri ciri Kesehatan Mental

Untuk pasien masalah psikis / psychoneurosis, masih meresapi realita , masih hidup dalam alam secara umum. dia masih rasakan kesulitan-kesukaran sebetulnya dia tidak bisa atau mungkin kurang bisa melangsungkan rekonsilasi diri pada lingkungan dan belum kuat atau mungkin tidak kuat kata hatinya. Itu sebetulnya dia cari jalan keluar untuk larikan diri dari kekesalan atau kesengsaraan jadi Psychoneorosis, diterangkan beberapa jenis masalah psikis, yakni :

1. Histeria

Sebetulnya tidak ada dasar fisik atau organis, tapi si pasien benar-benar berasa sakit terkadang bisa berbentuk kelumpuhan. Seperti masalah psikis yang lain, hati ketekan, resah, kuatir dan lain-lain. Beberapa gejala itu bisa seperti terlihat tanda-tanda fisik atau tanda-tanda psikis. Beberapa gejala yang terkait dengan fisik diantaranya :

Lumpuh Histeria

Lumpuh pada salah satunya anggota tubuh, umumnya terjadi secara mendadak dan awalnya tidak berasa apa saja.

Kram Histeria

Penyakit ini muncul karena rasa jemu hadapi tugas dan alami hati yang ketekan. Karena alami penekanan bathin karena karyana di cela dan alami kram histeria jika sedang jalankan pekerjaannya, dan jika kerjakan hal -hal yang tidak terkait dengan tugas awalnya mereka jadi pulih atau mungkin tidak rasakan kram histeria.

Kejang histeria

Penyakit yang hadirnya secara mendadak, kejang atau kaku di semua badan dan tidak sadar terkadang benar-benar berat dan dibarengi teriakan-teriakan dan keluh kesah tapi tidak keluarkan air mata. Peristiwa ini umumnya terjadi di siang hari, cuman beberapa saat, dapat sekian hari lama waktunya. Penyakit ini terjadi umumnya sesudah alami hati yang tersinggung, hingga dia merasa terhimpit, bersedih dan menyesal.

Mutism

Kesiapan bicara lenyap, ada dua jenis yakni : 1) tidak bisa bicara dengan suara keras, 2) tidak bisa bicara sama sekalipun. Umumnya muncul karena penekanan hati, patah semangat, kuatir, berasa nista dan lain-lain. Dan beberapa alat berbicara umumnya tidak alami cidera apa saja atau normal.

2. Psikosomatis

Psikosomatis berasal dari 2 kata yakni " psycho" yang maknanya pemikiran dan "soma" yang maknanya badan. Psikosomatis di dunia klinis yakni sebagai satu penyakit yang sebelumnya dikuasai oleh factor mental (psikis), selanjutnya berjalannya waktu hingga jadi penyakit fisik. Perselisihan mental sebagai karena berbagai macam penyakit fisik. Penyakit fisik yang sudah ada makin kronis. Wujud skema Simtom psikosomatisme classic salah satunya, seperti berikut :

1. Tukak lambung, ada cedera pada lambung

Emosi yang negatif bisa menggairahkan produksi dan lambung terlalu berlebih, lambung melangsungkan pencernaan pada dianya hingga muncul cedera pada dinding lambung.

2. Anorexia nervosa, ada masalah makan

Malas makan atau jika makan terus muntah, hingga kurus kering. Pasien umumnya mempunyai penglihatan dianya terlampau gendut hingga lakukan diet hingga menantara galami perselisihan batin.

Beberapa gejala Psikis

Berikut ialah beberapa gejala yang berhubungaan dengan psikis yakni:

Amnesia , tidak sadar diri

Satu kondisi yang mendadak menerpa beberapa orang jadi tidak sadar diri atau lupa pada peristiwa-kejadian tertentu,atau pada segala hal bahkan juga namanya sendiri.Amnesia disebutkan keadaan terusiknya ingatan. Pemicunya berbentuk organic dan fungsional. Pemicu organic bisa berbentuk kerusakan otak, akbat terauma atau penyakit. Pemicu fungsional ialah seperti, proses pertahanan ego.

Fugrue ,mengelana secara tidak sadar

Fugrue ialah wujud masalah psikis dibarengi kemauan kuat untuk mengelana atau tinggalkan rumah karena amnesia. Seorang yang alami fugue itu pergi berkelana tanpa arah, dan tidak tahu mengap dia pergi. Masalah ini ada setelah pribadi alami stress atau perselisihan yang berat,misalkan pertikaian rumah tangga, alami penampikan, kesusahan dalam tugas dan keuangan, perang atau musibah alam Sikap seorang pasien dengan fugue disosiatif ialah lebih mempunyai tujuan dan terpadu dengan amnesianya dibanding pasien dengan amnesia disosiatif.

Personalitas Double

Pasien memiliki dua ataupun lebih personalitas. Masing-masing mempunyai proses pikiran dan perasaan yang cukup konstan, sedang bedanya umumnya menonjol. Misalkan personalitas yang satu dan yang lainmungkin cuman beberapa saat atau beberapa mtahun. Karena ada dorongan-dorongan yang sama-sama berlawanan, terjadi perselisihan. Sepanjang pasien alami, satu personalitas tidak paling ringan mengenai peristiwa pada personalitas lainnya walau cuman beberapa saat. personalitas double bisa diartikan sebagai abnormalitas psikis di mana seorang yang mengidapnya akan memperlihatkan ada dua ataupun lebih personalitas (alter) yang masing-masing mempunyai nama dan watak yang lain. Mereka yang mempunyai abnormalitas ini sebetulnya cuman mempunyai satu personalitas, tetapi si pasien akan berasa jika dia banyak memiliki identitas yang mempunyai langkah berpikiran, temperamen, gaya bahasa, daya ingat dan hubungan pada lingkungan yang berbeda. Meskipun pemicunya tidak dapat ditegaskan, tetapi rerata beberapa psikiater setuju jika pemicu abnormalitas ini secara umum ialah karena trauma periode kecil.

Personalitas Sosiopatik

Pasien alami ketertinggalan perubahan kepribadian, tidak sanggup meniru tindakan yang diterima warga, kurang sanggup bermasyarakat condong antisosial, terhitung psikopat. Umumnya mempunyai ciri-ciri pintar, spontan dan mengagumkan, emosinya relatif susah dibangkitkan, hingga kurang mempunyai perasaan takut dan suka cari rintangan, tetapi langkah yang dilakukan kurang pas, ini sebagai pemicu bawaan. Pemicu lain di saat kecil alami ketertinggalan kehidupan emosinya, tindakan yang tidak stabil. Misalkan background keluarga yang rengat. Dari sisi sosio cultural sebagai akses dari situasi materialistik, hedonistik, dan bersaing dari warga kekinian.

Depersonalisasi

Pasien alami kehilangan rasa diri , terjadi secara mendadak dan jadi seseorang, orang yang lain dengan dianya, berasa lepas dari badannya. Ini muncul karena alami depresi berat karena keadaan tertentu atau peristiwa tertentu. Misalkan kecelakaan, penyakit atau kejadian-peristiwa traumatik.

Somnabulisme, lakukan suatu hal pada kondisi tidur

Somnabulisme ialah mimpi yang hidup, dan kegiatan fisik yang terjadi sepanjang tidur, beberapa pergerakan di luar kesadaran dan tidak bisa dikenang kembali. Dapat terjadi sepanjang tidur, ini lebih umum terjadi pada anak-anak. Misalkan main piano, menjahit, mengemudikan mobil dan lain-lain.

Begitu Keterangan Materi Mengenai Kesehatan Psikis : Pemahaman, Pemahaman Menurut Beberapa Pakar, Ciri-ciri, Masalah dan Tanda-tanda Mudah-mudahan Materinya Berguna Untuk Pelajar-Siswi.

Post a Comment

Previous Post Next Post