7 Gejala Diabetes yang Harus Kamu Tau


 Assalamualaikum halo teman teman selamat datang kembali, aku mau bagi bagi ilmu gratis lagi nih yaitu tentang gejala diabetes atau yang bahasa awamnya dikenal juga sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis sebelumnya yang belum tahu diabetes itu apa Jadi aku akan jelasin sedikit terlebih dahulu jadi untuk diabetes Itu adalah sebuah kelainan sebuah penyakit yang gangguannya terjadi pada hormon insulin di tubuh seseorang insulin itu apa sih jadi insulin Itu adalah sebuah hormon yang memang normalnya ada didalam tubuh kita dan jobdesk nya itu adalah memindahkan antara Glukosa yang ada di dalam pembuluh darah kita yang dikenal juga sebagai gula darah ke dalam sel 

    Jadi dia tugasnya masuk masukin pong gula darah yang ada di dalam pembuluh darah ke dalam sel supaya nanti bisa digunakan bisa dimetabolisme digunakan sebagai nih dan juga cadangan energi tetapi ketika hormon insulin ini mengalami kelainan Anta hormon insulin yang enggak ada atau jumlahnya kurang atau mungkin hormon insulin nya ada tapi emang dia agak terganggu aja fungsinya jadinya nanti gula darah yang harusnya dipindahkan kedalam sel itu jadi enggak bisa karena si hormon insulin atuh Gabut dia tidak melakukan jobdesk nya dengan baik dia tidak kerja dengan baik 

    Akhirnya yang terjadi adalah gula darahnya ini akan menumpuk didalam pembuluh darah makanya terjadi kadar gula darah yang meningkat dan kelainan ini yang kita kenal sebagai kelainan atau penyakit diabetes teman-teman Nah sekarang kita akan bahas nih tentang gejala diabetes itu sendiri jadi di jalan yang akan kita bahas di video ini ada tujuh gejala dimana gejala nomor 1 sampai nomor 4 itu adalah gejala klasik Jadi kalau untuk diabetes memang ada yang namanya gejala klasik jadi khas banget ada pada orang-orang yang mengalami diabetes Hai dan langsung aja kita bahas 

1. Gejala Yang Pertama Adalah Poliuria

    Gejala yang pertama adalah poliuria atau sering buang air kecil kita tadi udah sama-sama tahu kalau diabetes itu kelainannya ada pada hormon insulin yang menyebabkan terjadinya gula darah meningkat di dalam pembuluh darah akhirnya ketika gula darahnya banyak nih di dalam pembuluh darah tubuh kita tuh jadi mau nggak mau harus cari cara kan Gimana caranya supaya si gula darah ini menurun kadarnya karena kan ini adalah situasi aqidah normal Salah satu caranya adalah dibuang melalui ginjal makanya nanti orang-orang dengan diabetes itu biasanya gejalanya adalah sering buang air kecil karena itu salah satu respon tubuhnya untuk mempertahankan dan berupaya supaya gula darah didalam tubuhnya itu bisa dalam rentang normal 

2. Polidipsi 

    Polidipsi ini artinya adalah sering merasa haus Jadi kalau orang-orang dengan diabetes jatuh walaupun udah minum tapi rasanya kayak kaos aja terus sehingga dia bawaannya pengen minum pengen minum pada udah-udah minum tapi aja kayaknya haus gitu dan ini merupakan salah satu gejala klasik pada penderita diabetes 

3. Polivagi

    Dimana polivagi itu adalah peningkatan nafsu makan Nah kenapa sih ini terjadi karena kan tadi kita udah tahu ya kalau misalnya seseorang dengan diabetes diam akan tetapi karena di tubuhnya ini ada gangguan pada hormon insulin akhirnya insulin itu enggak bisa masukkan gula darah dari hasil pemecahan makanan yang mudah diserap itu itu enggak bisa dimasukkan ke dalam sel sehingga sel nya tuh kayak ngasih respon kedalam tubuhnya itu kayak belum ada di makanannya belum ada makanannya padahal udah makan tetapi masalahnya makanan yang sudah diserap ini tidak bisa masuk ke dalam sel karena kelainan hormon insulin tersebut sehingga timbullah gejala polifagia atau gejala peningkatan nafsu makan makanya orang-orang dengan diabetes mengalami polifagia ini 

4. Penurunan Berat Badan

    Yang keempat ini yang terakhir yang masuk ke dalam gejala klasik yaitu penurunan berat badan ini mungkin awalnya enggak notice ya orang-orang dengan penderita diabetespenurunan berat  karena mungkin gak ada Timbangan dan dia juga jarang nimbang berat badannya gitu kan Tapi biasanya sering ditanya oleh dokter di ruang praktek tuh gini Jadi apakah ada perubahan nih kalau misalnya bajunya jadi melar enggak atau celananya jadi melar enggak gitu Jadi itu parameternya karena kan nggak semua orang suka mengukur berat badan ya dan gak semua orang juga punya timbangan di dalam rumah jadi salah satu yang bisa kita lihat dari pakaiannya pakaiannya tuh jadi longgar nggak tuh salah satu parameternya nah kenapa ini terjadi kenapa terjadi penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas

    karena memang tadi kita udah tahu kan kalau misalnya glukosanya ini enggak bisa masuk ke dalam sel sehingga yang enggak bisa dimetabolisme nggak bisa dijadikan energi nggak bisa dijadikan cadangan energi akhirnya nanti Mengalami penurunan berat badan yang nggak jelas sebabnya kalau misalnya jelas sebabnya Kayak misalnya kenapa turun berat badannya Iyalah habis diet yaitu kan jelas tapi kalau misalnya pada penderita diabetes memang tidak ada alasan jelas tiba-tiba zat badannya turun padahal kan sering makan tuh tadi gejala yang ketiga akan polifagia sering makan Walaupun sering makan tetapi berat badannya turun kenapa karena tadi karena apa yang dia makan itu enggak bisa masuk ke dalam sel sehingga ini terjadi 

5. Gejala Keluhan Lain Pada Penderita Diabetes

    Lalu gejala yang kelima gejala yang kelima ini udah nggak masuk gejala klasik ya teman-teman jadi memang gejala ini gejala-gejala keluhan lain pada penderita diabetes nah gejala ini adalah badannya lemes wajar badannya lemes rasanya kan lemes gitu kan kenapa karena energinya enggak ada energinya kurang sekalipun dia makan makanannya tuh nggak masuk ke dalam sel jadi nggak bisa di manfaatkan oleh sel sehingga yang dirasakan adalah badannya jadi lemas 

6. Kesemutan Di Ekstremitas Bawah

    Gejala yang keenam adalah kesemutan di ekstremitas bawah biasanya di bagian kaki atau di bagian tungkai bawah itu bakalan berasa kesemutan Kenapa karena kalau misalnya pada orang dengan diabetes itu kan gula darah di dalam tubuh meningkat gula darah di dalam tubuh yang Diatas Normal dalam rentang waktu yang cukup lama ini dapat menyebabkan banyak sekali gangguan termasuk salah satunya di syaraf Nah karena terjadi gangguan pada saraf akhirnya terjadilah gejala dimana Jadi timbul kesemutan dan biasanya awal-awalnya kesemutan nya adalah di ekstremitas bawah dulu seperti di kaki atau misalnya di tungkai bawah 

7. Gatal Di Area Tertentu

    Lalu gejala yang ke-7 adalah gatal di area tertentu Kenapa sih bisa gatal gitu kan jadi memang asal mulanya sama karena gula darah didalam tubuhnya meningkat sehingga gula darahnya itu merusak banyak hal di dalam tubuhnya salah satu efek negatifnya adalah orang tersebut jadi mudah kena infeksi salah satu infeksinya adalah infeksi jamur pada kulit akhirnya ketika nanti terinfeksi jamur itu akan ada keluhan gatal di area tertentu tergantung perintahnya di bagian mana itu adalah salah satu gejala yang juga dirasakan oleh penderita diabetes 

    Itu ke-7 gejala diabetes tapi perlu dipahami teman-teman misalnya Kalian ada yang mengalami gejala seperti itu tapi kalian gak tahu nih Apakah diabetes apa enggak kalian jangan langsung menarik kesimpulan kalau kalian diabetes tapi kalian perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu pemeriksaan laboratorium seperti misalnya pemeriksaan gula darah dan juga pemeriksaan yang namanya pemeriksaan hba1c supaya semua lebih jelas untuk penegakkan diagnosis sehingga kalau misalnya teman-teman memang mengalami gejala gejala seperti yang tadi telah disebutkan aku sangat menganjurkan untuk teman-teman melakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya ketahuan diagnosis pastinya apa Nah tadi kan sebenarnya 

    Kita ngomongin gejala diabetes nih tetapi sebenarnya pada kenyataannya sebagian orang dengan diabetes itu tidak menyadari kalau dia mengalami diabetes karena gejala-gejala ini tidak muncul teman-teman sehingga penting kita melakukan medical check up secara rutin bayangin kalo misalnya kita punya kendaraan aja kita akan selalu ngecek ke bengkel karena secara rutin Apakah mesin mesinnya masih bagus gitu kan Nah tubuh kita juga perlu seperti itu Jadi kita perlu check-out secara rutin untuk melihat apakah tubuh kita sehat dan bugar 

    Kalau misalnya ternyata ada sedikit kelainan pastinya bisa langsung ditangani sedini mungkin ya kalau misalnya udah ketahuan lebih cepat sehingga kita bisa sehat lagi gitu Kalau misalnya ada apa-apa kadang ada orang yang takut untuk melakukan medical check up karena takut mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuhnya yang dia tidak tahu gitu kan Tapi sebenarnya ketika kita melakukan medical check up terus kita mengetahui misalnya memang ada satu kelainan yang dieselnya itu kan bisa ditangani sedini mungkin ya Nah itu sebenarnya adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mencegah komplikasi penyakit apapun itu jadi untuk medical checkup sebenarnya ga perlu takut teman-teman karena tubuh kita juga perlu dicek secara rutin 

Post a Comment

Previous Post Next Post