6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes




    Assalamualaikum tentang makanan atau minuman apa aja sih yang sebenarnya perlu dihindari oleh penderita diabetes atau yang bahasa awamnya dikenal juga sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis nya tapi sebelumnya aku mau jelasin dulu nih yang terkait dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari jadi kalau misalnya kita konsumsi makanan atau kita konsumsi minuman itu pasti sebagian besar mengandung karbohidrat kan yang karbohidrat ini ketika kita makan itu pasti akan dicerna di saluran cerna dan nanti akan diserap di usus ketika diserap di usus karbohidrat ini ada yang gampang diserap tetapi juga ada yang membutuhkan waktu lebih cuma untuk diserap teman-teman ketika suatu karbohidrat gampang diserap dalam tubuh kita maka juga mudah terjadi 

    
    Peningkatan gula darah didalam tubuh kita tetapi kalau misalnya ada makanan atau minuman yang setelah dicerna dan mau diserap tetapi membutuhkan durasi yang lebih lama untuk diserap kayak istilahnya agak sulit diserap kali ya nah ini berarti akan membutuhkan waktu yang lebih lama juga untuk meningkatkan gula darah yang ada di dalam tubuh kita sehingga enggak tiba-tiba bola darahnya meningkat intinya ketika ada suatu makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat dan mudah diserap di dalam tubuh kita maka itu akan mudah juga meningkatkan gula darah di dalam tubuh tetapi kalau misalnya ada makanan atau minuman yang sulit diserap di dalam tubuh kita maka juga akan butuh waktu untuk meningkatkan gula darah yang ada didalam tubuh kita jadi gula darahnya naiknya cenderung pelan-pelan dan gak langsung meningkat tinggi teman-teman mungkin temen-temen ada yang udah mulai bertanya-tanya oke jadi makanan apa aja yang kira-kira gampang diserap dan makanan atau minuman apa aja sih yang kira-kira sulit untuk diserap di dalam tubuh kita nah jadi ini ada penggolongannya dan sistem penggolongan ini kita kenal sebagai 

Indeks Glikemik

    Indeks glikemiknya indeks glikemik ini terbagi menjadi tiga teman-teman ada yang tinggi ada yang sedang dan juga ada yang rendah nah kalau yang tinggi artinya ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan nanti di karena lalu diserap maka diserapnya akan sangat cepat makanya masuknya indeks glikemik tinggi karena diserap cepat terus gula darah yang naik di dalam tubuh juga cepat gitu tapi ketika indeks glikemiknya rendah artinya makanan tersebut atau minuman tersebut itu diserapnya cukup sulit butuh waktu lebih lama lebih panjang sehingga untuk peningkatan gula darah didalam tubuh kita setelah makan makanan tersebut itu juga butuh waktu lebih lambat untuk meningkat untuk tolan maka itu masuk ke indeks glikemiknya rendah teman-teman jadi udah mulai paham ya perbedaannya 

    Nah mungkin teman-teman juga ada yang udah mulai menembak nih makanan dan minuman yang kira-kira perlu dihindari bener banget tebakan kalian karena makanan dan 

    Minuman yang perlu dihindari adalah makanan dan minuman yang tergolong ke dalam indeks glikemik yang tinggi sekarang kita akan bahas 6 makanan dan minuman yang tergolong ke dalam indeks glikemik yang tinggi yang perlu dihindari bagi penderita diabetes 

1.Nasi Putih

    Nasi putih wah ini agak cukup susah sebenarnya ya karena kita sebagai orang indonesia terbiasa dari kecil yang makannya makan nasi putih gitu kan mungkin ada yang makan di nasi merah dari kecil tapi itu juga enggak banyak biasanya sebagian besar orang indonesia kan makanan nasi pokoknya setiap hari gitu kan nasi putih ini agak cukup sulit untuk menghindari ini karena sudah terbiasa tetapi kalau penderita diabetes itu perlu banget untuk menghindari konsumsi nasi putih karena nasi putih ini masuk ke dalam indeks glikemik yang tinggi sehingga perlu dihindari mungkin nanti alternatifnya bisa diganti menjadi nasi merah 

2.Roti Tawar

    Roti tawar tapi roti tawar yang putih ya bukan roti gandum jadi love tawar putih ini perlu dihindari karena ini juga masuk ke dalam kategori makanan atau minuman dengan indeks glikemik yang tinggi sehingga perlu dihindari bagi penderita diabetes dan perlu dicari alternatif lain 

3.Minuman Dengan Indeks Glikemik Yang Tinggi

    Minuman dengan indeks glikemik yang tinggi karena minuman bersoda ini itu banyak sekali gulanya teman-teman kalian bisa coba googling satu minuman bersoda itu gulanya banyak banget orang sehat aja kalau misalnya konsumsi soda sering dan dalam jangka waktu yang panjang itu nggak bagus untuk kesehatan apalagi untuk orang-orang dengan diabetes sehingga perlu banget untuk menghindari minuman-minuman bersoda ini 

4. Teh Manis

    Teh manis halo teh sebenernya gak apa-apa sih cuma yang masalah tuh manisnya ini apalagi kalau misalnya tehnya tuh udah disulap jadi teh kekinian gitu kayak bubble tea yang ada bu banyak gitu kan itu kan emang enak sih sebenarnya cuma gulanya ini yang jadi masalah teman-teman nah ini juga kalau misalnya orang sehat aja konsumsi ini juga akan gak bagus ya dalam jangka waktu yang panjang kebiasaan seperti ini bahkan nanti bisa beresiko mendapatkan penyakit-penyakit yang lain kayak misalnya diabetes juga awalnya sehat terus karena kebiasaan mengkonsumsi ini akhirnya jadi mendapatkan penyakit gitu kan dan kita enggak mau apalagi bagi penderita diabetes kalau yang teh manis kekinian gitu perlu banget untuk dihindari 

5. Kopi

    Kopi nah copy ini sebenernya juga nggak apa-apa sih kalau misalnya kopinya espresso atau kopinya itu americano itu enggak apa-apa karena enggak ada gulanya akan tetapi yang jadi masalah kalau misalnya kopinya tuh kayak kopi dicampur gula aren nih khas kopi dicampur karamel atau kopi dicampur lip cream enak sih enak banget gitu kan cuma lagi lagi nggak bagus karena manis gitu kan dan ini masuk kategori makanan dan minuman yang mengandung indeks glikemik tinggi karena ada yang manis manisnya itu akhirnya ini perlu dihindari lagi-lagi orang sehat aja kalau misal konsumsi ini secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang gak bagus apalagi bagi penderita diabetes jadi perlu sekali untuk menghindari kopi kopi yang dicampur dengan yang manis-manis teman-teman 

6. Makanan Manis Di Dalam Kemasan

    Makanan manis di dalam kemasan kita suka lihat kan kalau misalnya ke minimarket atau supermarket gitu ada makanan-makanan biskuit manis permen atau sareal gitu kan itu enak sih memang tapi lagi-lagi ini perlu dihindari untuk orang-orang dengan penyakit diabetes tapi ya ini juga perlu dihindari untuk teman-teman yang masih sehat temen-temen karena kita perlu menjaga kesehatan kita gitu kan 

    Nah itu dia enam makanan dan minuman dengan indeks glikemik yang tinggi aku sengaja milih 6 makanan dan minuman ini karena ini cukup banyak dikonsumsi oleh orang-orang di negara kita tapi sebenarnya ada lebih banyak lagi sih yang masuk ke dalam kategori dengan indeks glikemik tinggi tapi kalau misalnya aku bahas disini semuanya kayaknya nggak mungkin karena akan jadi panjang banget cuma enggak usah khawatir karena di description boks aku udah masukin link yang bisa kalian akses kalian bisa melihat list makanan dan minuman sesuai dengan golongan indeks glikemiknya teman-teman 




Post a Comment

Previous Post Next Post