5 Tahap Memulai Bisnis Kecil Dari Nol

Tahap Memulai Bisnis Kecil Dari Nol


5 Tahap Memulai Bisnis Kecil Dari Nol - Pada artikel ini kali admin ingin ulas topik yang sangat banyak di-request sama sahabat yakni mengenai panduan dunia usaha dan usaha.

Jujur saja nih sebenarnya saya tuch kurang percaya diri getho buat ngupas topik usaha karena memang pengalaman usahaku belum kebanyakan buat admin sendiri memulai usaha tahun-tahun ini ialah usaha pertama admin yang sukses jalan, yang benar-benar dibuat dari 0.

jadi saat sebelum buat materi mengenai usaha ini admin sudah banyak nih baca dan menonton beberapa tips usaha dari banyak figur dan investor usaha.

Dari beberapa sumber panduan usaha yang admin mencari ada banyak hal nih, yang sepertinya menarik sekali jika saya bagiin di sini mudah-mudahan di artikel ini admin dapat share hasil ringkasan yang sudah admin dalamin getho, pada mereka beberapa pebisnis yang sudah lebih eksper dari kita semua.


1.Tetapkan Ide Usaha Yang Pas

yang pertama itu ialah bagaimana sich kita buat ide dari sebuah usaha. Di tahapan cari gagasan atau ide usaha umumnya kita tuch kemungkinan merenung getho

  • enaknya usaha apa ya ?
  • jualan apa ya ?
  • dagang apa ya ?

Sebenarnya ada gak sich langkah mudah agar kita dapat nentuin usaha apa yang pantas buat kita coba ? nach, dari yang saya coba telusurin ada 2 hal simpel nih yang dapat kita perhatikann getho.

  1. keperluan Pasar
  2. factor kelangkaan

Kedengerannya memang remeh sekali, tetapi beberapa orang yang tidak memikirkan ini saat mereka tuch memulai usaha untuk pertama kalinya walau sebenarnya semua usaha yang sukses itu ya dapat sukses karena memang penuhi 2 persyaratan simpel ini.

  • Keperluan Pasar
janganlah sampai ya kita buat suatu hal tuch yang rupanya ngak ada nilainya dan tidak ada yang perlu, atau ngak berkaitan sama keadaan sekarang ini.
  • Factor Kelangkaan

Coba perhatiin sudah banyak belum sich pemain yang lain nawarin produk atau jasa itu ?

Jika rupanya sedikit orang yang masuk ke situ memiliki arti peluang kita bikin sukses menjadi makin besar

istilahnya itu ialah temuin "a rare and valuable product or serviss"

  • rare itu maknanya sangat jarang atau sedikit yang nyediain getho
  • valuable itu maknanya berharga atau dibutuhin sama beberapa orang

Buat nemuin produk yang sangat jarang dan berharga itu ya pasti saja ngak gampang beberapa orang yang tidak berhasil ngawinin 2 ini bahkan juga umumnya pelaku bisnis pemula nih yang ngalamin ketidakberhasilan, itu ya karena ngak mempertimbangkan 2 hal simpel ini.

Mereka tuch buat usaha yang rupanya ngak terlampau berharga atau sudah kebanyakan pebisnis yang bermain di sana jadi sudah ngak sangat jarang kembali dan pasti saja ini tuch dapat mengecilkan peluang sukses kita bikin ngomu sendiri, saat dahulu getho yah, tahun kemarin dahulu kami buat bicarakan uang waktu itu kami memandang sedikit content inisiator pembelajaran keuangan.

Sementara kami sadar getho jika ekosistem dunia keuangan kembali berkembang dan akan berkembang benar-benar cepat di masa datang oleh karena itu kami bikin basis pembelajaran mengenai uang oke… saat ini kita berlanjut ke tahapan seterusnya

  • -kalau misalkan ide usahanya tuch sudah mulai kebentuk
  • -dimana kita dapat nemuinn getho ya, produk atau jasa yang dibutuhin
  • -dan penyuplai produk atau jasanya tuch terbatas


2.Siapa Sasaran Customernya

tahapan selanjutnya ialah kita perlu tahu dahulu

  • siapa sich sasaran customer kita ?
  • kira-kira sich orang yang akan membeli produk atau jasa kita ?
  • apa customer kita itu umumnya cowok atau cewek umurnya di range berapakah ?
  • terus anak muda, atau malah orang yang sudah dewasa ?
  • kira-kira kekuatan ekonominya seperti bagaimana nih ?
  • yang kelas menengah atas atau menengah ke bawah ?
  • dalam keadaan apa sich mereka ingin membeli produk atau jasa kita ?
  • apakah mereka membeli produk kita hanya pada saat-saat tertentu saja ?
  • bakalan membeli teratur setiap sekian hari sekali ?

Mengenali siapa customer kita itu ialah tahapan penting yang menjadi dasar merek dan produk kita. Buat produk buat cowok dan cewek tuch akan berbeda packagingnya, buat produk untuk anak muda dan orangtua pasti akan berbeda getho langkah komunikasinya.

Buat produk buat kelas menengah atas atau menengah bawah akan berbeda sensitivitas harga dengan makin mengenal sama siapa sich customer kita kita akan semakin mudah getho, jalani tahapan usaha seterusnya, yakni kepuasan customer.

 

3.Lihat Kepuasan Customer

Tahapan setelah itu konsentrasi pada semua usaha agar buat customer kita tuch suka dan senang sama produk atau jasa kita. Kesannya memang ini tuch remeh sekali getho tetapi malah ini ialah tahapan yang paling penting dalam sebuah usaha ntah itu usaha kamu dalam rasio menengah, rasio kecil, atau bahkan juga rasio micro.

Misalkan jika kita membuka warung makan dapat ngak nih, kita buat customer kita senang ?

Contoh

customer tuch disediain lokasi yang nyaman dan bersih menunya komplet dan semua ada makanannya cepat disajiin rasanya nikmat demikian ingin bayar pilihan pembayarannya tuch komplet dan ada selalu uang kembalian.

Begitupun jika kita membuka toko online konsentrasi sama kepuasan customer dalam belanja customer kita tuch dapat saksikan detail produknya jika di-chat responnya cepat, pilihan pengangkutannya komplet barangnya cepat sampai packingnya rapi dan aman terus barangnya ngak ada cacat, nih sudah getho diberi bonus merchandise

Untuk kamu yang sudah pernah buat usaha tentu tahu sekali nih jika ngerancang pengalaman pengguna yang nikmat dan buat senang itu tidak semudah yang dibayang-bayangin kamu perhatiin dech seberapa banyak sich tempat makan yang tidak laris karena ownernya tidak konsentrasi memikirkan pengalaman pengguna dan kepuasan customer.

misalkan

Demikian kamu tuch pesen makan rupanya menunya banyak yang ngak ready, sudah getho kamu tunggu lama sekali baru makanannya dateng, demikian ingin makan eh, rupanya makanannya sudah ngak segar, sudah getho cocok ingin bayar kasirnya ngak ada kembaliansampai kita harus tunggu dahulu getho ia nuker uangnya.

kira-kira kamu bakal dateng 2x ke tempat kayak gitu ?

Kemungkinan kamu akan mikir berkali-kali dahulu getho saat sebelum ke situ kembali. Nach itu mengapa konsentrasi pada kepuasan customer tuch ialah tahapan paling penting dalam sebuah usaha saat sebelum kita tuch konsentrasi sama beberapa hal lain.

Warren Buffett pernah kasih panduan nih buat pemilik usaha, tips-nya seperti begini :

"Jangan Pernah berhenti berfikir tentang gimana caranya menyenangkan customerWarren Buffett"

4.Penghitungan Keuangan Yang Pas

Oke, saat ini kita masuk ke tahapan seterusnya

Jika misalkan kamu sudah dapat ngerancang pengalaman pengguna yang nikmat, terus kamu bisa juga buktiin getho jika customer pertama kamu dapat senang sama produk atau jasa kamu. PR setelah itu mastiin jika proses itu dapat jalan dengan penghitungan keuangan yang logis.

wah, tujuannya bagaimana nih ?

Di tahapan ini kamu sudah mulai memikirkan taktik periode panjang nih jika kamu ingin usaha kamu tuch bertahan terus, ya kuncinya ialah berencana keuangannya, karena keuangan itu ialah napas dari sebuah usaha.

oke,setiap usaha kemungkinan punyai gagasan keuangan yang lain getho, keduanya, ucapkanlah sebuah usaha konservatif pasti gagasan keuangannya akan berbeda sekali sama dengan yang ingin buat startup digital.

Tetapi apa saja wujud usahanya yang terpenting dalam rencana keuangan itu ujungnya ialah jaga cashflow untuk kamu yang usahanya konservatif pasti akan usaha getho, buat dapat capai cashflow yang positif tiap bulan-nya.

Tetapi misalkan nih, untuk kamu yang usahanya tuch ialah startup digital kemungkinan konsentrasi awalannya ya ngak harus langsung capai cashflow yang positif tetapi senggaknya kamu tuch tetap harus menjaga cashflow getho, sesuai gagasan kamu ssupaya napas dari usaha kamu dapat terbangun sampai kamu dapat keuntungan.

 

5.Kekhasan Sebuah Produk

oke… saat ini kita berlanjut ke tahapan yang paling akhir.

  1. Ide bisnis-nya sudah oke nih
  2. sasaran customer-nya sudah tahu
  3. customer sudah bahagia sama produk kita
  4. cashflow sudah terbangun nih sama sesuai gagasan

terus seterusnya apalagi donk ?

Tahapan setelah itu membuat merek dari usaha kamu punyai segi kekhasan punyai suatu hal yang berbeda getho, jika dibandingin sama pemain lain.

Buat apaan sich punyai segi kekhasan semua ?

ya pasti saja agar orang tuch ngak asal-asalan getho, dapat niru dan menyontek produk atau jasa kamu kasih argumen yang kuat mengapa sich calon customer kamu tuch harus nyobain produk atau jasa kamu

mengapa ngak beli ke toko samping saja ?

Dalam istilah usaha ini tuch disebutkan dengan competitive advantages atau keunggulan yang unik getho, jika dibanding sama competitior

keunggulan atau segi kekhasan itu harus yang seperti bagaimana sich ?

Ya, sebetulnya bisa saja apa saja nih yang perlu kamu tuch harus punyai hal yang berbeda jika dibandingin sama lainnya bisa saja harga kamu tuch tambah murah atau kwalitasnya lebih baik juga bisa misalkan proses operasional kamu tuch lebih cepat dan efektif jika dibandingin sama lainnya.

Ya sebetulnya bisa saja apa saja getho, yang perlu kamu punyai hal unik dan berbeda jika dapat keunggulan itu tuch ngak dapat gampang diikuti sama lainnya.

Nach,sebenarnya masih tetap ada nih, beberapa tahap usaha seterusnya yang dapat kamu lakukan contoh-nya tuch seperti

  1. pengembangan produk
  2. partnership dengan usaha lain
  3. membuka cabang baru

Tetapi, cara seterusnya itu dapat disebutkan bener-benar aktif, bergantung sama wujud usaha yang kamu jalanin maka-nya nih… saya sudahin saja ya… tips-nya sampai di tahapan ini yang kiranya tuch masih lumayan universal buat dilakonin.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post