10 Peluang Usaha yang Menguntungkan di Desa

10 Peluang Usaha yang Menguntungkan di Desa


Peluang Usaha yang Menguntungkan di Desa -  Usaha yang sukses dan memberikan keuntungan tidak terus-terusan dilaksanakan di kota besar. Ada beberapa kesempatan usaha yang memberikan keuntungan di dusun yang bisa ditelateni.

Dengan jalankan bisnis sendiri di dusun, minimal Anda bisa berperan untuk gerakkan ekonomi di desa halaman tanpa perlu jauh ke kota.

Berikut kesempatan usaha memberikan keuntungan di dusun yang dapat dicoba untuk menambahkan beberapa pundi rupiah.

1. Usaha Warung makan

Warung makan jadi opsi usaha yang dagangannya laris tiap hari. Anda dapat mengutamakan jual menu makan pagi hingga batasi jam membuka cuman pada pagi hari.

Di jam-jam ini biasanya beberapa orang tidak sempat mengolah dan cari makan pagi di warung. Selainnya jual nasi dan lauk pauknya, dapat menambah kue basah atau jajan pasar sebagai macam menu.

Disamping itu, modal buka usaha warung makan di dusun tidak demikian besar. Rerata, cukup persiapkan Rp3-5 juta untuk mempersiapkan perlengkapan dan bahan bakunya.

2. Usaha Penyalur atau agen gas

Agen gas elpiji 3 kg dapat menjadi opsi usaha menarik di dusun. Buka usaha gas condong kurang rugi dan tidak susah memasarkannya, ingat keperluan pada gas melon dalam masyarakat yang tinggi sekali.

Modalnya juga bisa disamakan dengan kekuatan Anda. Bila modal kecil, Anda menjadi retail dengan jual kembali beberapa buah tabung gas.

Jika punyai modal lebih, Anda dapat ambil peluang berwiraswasta jadi subagen atau pangkalan gas elpiji.

3. Usaha Pom mini

Usaha pom mini makin disukai, terutamanya di wilayah atau dusun yang sedikit ada SPBU. Kehadiran pom bensin mini ini gantikan usaha bensin konservatif dengan botol dan corong.

Bersamaan dengan bertambahnya jumlah kendaraan, membuat keinginan BBM pasti makin tinggi. Apa lagi di wilayah penjuru umumnya tidak dapat dijangkau atau jauh dari SPBU.

Jalankan bisnis pom bensin mini ini juga relatif gampang dan bisa digerakkan siapa saja tanpa memerlukan kemampuan khusus.

Bila tertarik pasarkan BBM, Anda bisa buka pom bensin mini sah di bawah pemantauan Pertamina, yakni Pertashop.

4. Usaha Ternak Ayam

Ternak ayam menjadi satu diantara usaha yang banyak dilirik di dusun. Bagaimana tidak, daging dan telur ayam memberikan kontributor besar untuk sumber protein hewani di Indonesia.

Usaha ternak ayam menjadi jalan keluar untuk Anda yang ingin mengawali usaha sendiri di dusun. Baik ayam petelur atau ayam pedaging ke-2 nya sama memberikan keuntungan.

Sebagai penyiapan, yakinkan luas tempat sesuai jumlah ayam yang hendak diternak dan tentukan bibit dan pakan berkualitas baik.

Untuk marketingnya, Anda dapat jual ke pasar tradisionil, pengepul, ke tetangga, atau merajut kerja sama dengan faksi lain.

5. Usaha Budidaya lele

Ikan tawar yang banyak disukai ini dapat menjadi kesempatan usaha yang menggiurkan bila dilaksanakan secara intens.

Walau bukan termasuk usaha yang baru, tetapi budidaya lele di dusun bisa sangat memberikan keuntungan karena permohonannya yang tetap ada, bahkan juga berkesempatan untuk export ke beragam negara.

Usaha budidaya lele atau ayam ini pas dilaksanakan di dusun umumnya masih ada tempat luas dan lingkungan yang aman untuk beternak.

6. Usaha Produk UMKM ciri khas wilayah

Usaha yang memberikan keuntungan di dusun setelah itu menawarkan produk UKM ciri khas wilayah yang sedang jadi trend belakangan ini.

Anda perlu lakukan survey untuk mengenal produk UMKM apa sebagai keunikan wilayah di tempat atau sama sebagai oleh-olehan. Misalkan, kue, keripik, makanan kering, telur asin, hasil olahan laut, kopi, wastra, dan lain-lain.

Walau usaha ini ialah produk ciri khas wilayah, Anda bisa menginovasikan paketannya jadi lebih kekinian dan modern untuk tingkatkan daya saing di pasar.

7. Usaha Warung sembako

Di tengah-tengah persaingan ketat dengan minimarket yang semakin tumbuh subur, tetapi kehadiran warung sembako di dusun tetap benar-benar diperlukan dan bisa berkompetisi.

Usaha yang berkesan remeh ini bila diatur secara benar segera dapat memberi untung besar dan putaran uangnya lumayan cepat.

Untuk buka warung sembako atau toko kelontong supaya cepat laris, Anda pun perlu menimbang lokasi, kualitas sembako yang dipasarkan, dan modal upayanya.

8. Usaha Pertanian hidroponik

Walau ide hidroponik pergi dari trend pola hidup warga urban, tetapi tidak berarti tidak dapat dilaksanakan di dusun.

Ditambah, biasanya warga di dusun sudah dekat dengan bertani hingga usaha seperti tanaman hidroponik semakin lebih gampang untuk digerakkan.

Bila Anda niat dan telaten memulai usaha ini, kesempatan produksi dapat hasilkan keuntungan semakin tinggi, bahkan juga hasil dari pertanian tanah normal.

9. Usaha potong rambut

Jasa potong rambut terhitung tipe usaha yang tidak mengenal musim. Usaha ini akan diperlukan siapa saja dan kapan saja, terutamanya diakhir minggu atau hari liburan.

Potong rambut bisa makin memberikan keuntungan bila di daerah sekitaran tidak ada usaha sama. Tetapi, agar bisa jalankan ini, dalami kemampuan cukur rambut dan perawatannya.

Usaha potong rambut termasuk juga usaha jasa dengan omzet harian yang lumayan besar.

10. Usaha Jasa jahit

Usaha yang memberikan keuntungan di dusun setelah itu buka jasa jahit rumahan. Kesempatan ini lumayan menjanjikan, kurang resiko, dan tidak membutuhkan modal besar.

Keinginan jasa jahit baju di dusun juga lumayan tinggi, terutamanya untuk membikin baju seragam anak bila musim tahun tuntunan baru datang, baju ibu-ibu PKK, pengajian, acara, dan lain-lain.


Post a Comment

Previous Post Next Post